Senin, 29 Februari 2016

PENYEBAB ANEMIA DALAM TUBUH


PENYEBAB ANEMIA DALAM TUBUH


herbs-info.com
Anemia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Penyebab anemia yang paling sering terjadi adalah kurangnya zat besi. Tanpa zat besi, maka sel darah akan rendah protein. Kondisi ini menghambat suplai oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh sehingga dapat menyebabkan sesak napas.
Jumlah sel darah yang normal dalam tubuh perempuan dan laki-laki berbeda. Sel darah merah yang normal pada perempuan adalah 12 gram per desiliter darah (g/DL). Sedangkan laki-laki, jumlah sel darah yang normal yaitu 15 g/DL. Jika dalam pemeriksaan, kadarnya menunjukkan angka di bawah normal, maka ada kemungkinan akan dilakukan tes darah lainnya untuk menemukan masalah yang sebenarnya.
Ada hal-hal yang menjadi penyebab anemia yaitu : kehilangan darah, menurunnya kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah yang baru atau adanya penyakit yang menyebabkan peningkatan rusaknya sel darah merah.
Yang dimaksud dengan kehilangan darah, yaitu ketika jumlah darah yang hilang lebih banyak daripada kemampuan tubuh untuk mengganti sel darah yang hilang. Misalnya, kondisi ketika seorang perempuan mengalami periode menstruasi yang berat, akibat masalah pencernaan, pendarahan eksternal dari pembedahan atau terjadinya pendarahan internal karena luka dan lain sebagainya. Keadaan-keadaan seperti itu bisa saja menimbulkan anemia.
Anemia juga bisa terjadi apabila tubuh mengalami penurunan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah atau kadar hemoglobin dalam sel darah merah pada tubuh kurang dari cukup. Meskipun tidak ada pengeluaran darah, sel darah merah harus selalu diganti dengan sel yang baru.
Penyebab anemia yang lainnya adalah asupan makanan yang tidak mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12 dan nutrisi penting lainnya. Bisa juga disebabkan oleh penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit ginjal dan AIDS yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel darah merah.
Gejala yang ditimbulkan karena penyakit anemia adalah perasaan cepat lelah dan lemah. Pada kasus anemia yang cukup parah, jika tidak mendapat pengobatan maka bisa merusak organ tubuh yang vital karena kekurangan  suplai oksigen. Oleh karena itu, apabila mendapati gejala anemia, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi

KOTA ASAL PENGUNJUNG

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Definition List

Pages

Theme Support