Senin, 29 Februari 2016

DAMPAK KEKURANGAN VITAMIN



Tubuh membutuhkan vitamin untuk mendukung kesehatan dan daya tahannya. Perlu diketahui, vitamin tidak bisa dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin haruslah dipenuhi dari makanan yang kita konsumsi. Apabila komposisi makanan yang kita konsumsi tidak seimbang, maka yang dikhawatirkan adalah timbulnya dampak kekurangan vitamin.
Sebelumnya, kita perlu mengetahui golongan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terbagi dalam 2 golongan, yaitu :
  • Vitamin yang larut dalam air
  • Vitamin yang larut dalam lemak
  • Vitamin yang tidak larut dalam air.
Vitamin yang larut dalam air yaitu : vitamin B – vitamin kompleks. Vitamin B terdiri dari vitmin B-1, vitamin B-2, Vitamin B-3 dan vitamin B-12. Semua golongan vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bila kadarnya berkurang, maka akan menimbulkan akibat tersendiri, tubuh akan mengalami dampak kekurangan vitamin.
Apabila kita kekurangan vitamin B-1, maka tubuh akan terserang penyakit beri-beri. Penyakit ini ditandai dengan gejala kurang nafsu makan, perasaan sakit pada jantung, mudah merasa lelah atau sering merasa kesemutan. Dan jika kita mengalami bibir  pecah-pecah, radang lidah dan luka pada sudut mulut, maka kondisi ini merupakan tanda tubuh kekurangan vitamin B-2.
Lalu, apa dampak kekurangan vitamin C bagi tubuh? Pada anak-anak, kekurangan vitamin C dapat terlihat dari pendarahan di gusi, kulit sensitif terhadap infeksi dan kemunduran dalam pertumbuhan. Sedangkan pada orang dewasa, gejala kekurangan vitamin C ditandai perasaan sakit yang sering timbul di kaki dan sendi-sendi, kurang daya tahan terhadap infeksi serta pendarahan kecil di bawah kulit dan gusi.
Tubuh juga akan mengalami kulit kering, buta senja, kornea pecah dan bintik putih di mata, jika kekurangan vitamin A. Bagi penderita penyakit rachitis, pembentukan tulang kurang sempurna dan pembesaran pada ujung-ujung tulang, itu merupakan dampak kekurangan vitamin D.
Untuk menghindari agar tubuh kita tidak kekurangan vitamin, sebaiknya makanan yang akan kita konsumsi mengandung vitamin yang cukup dan seimbang. Jika asupan vitamin terpenuhi maka dampak yang timbul akibat kekurangan vitamin dapat dihindari.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi

KOTA ASAL PENGUNJUNG

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Definition List

Pages

Theme Support