Selasa, 01 Maret 2016

GELOMBANG 6 UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO



          




               Madugo News (Gombong) – Serangkaian kegiatan Ujian Sekolah SMK Ma’arif 2 Gombong telah diagendakan oleh Panitia. Kegiatan tersebut berupa Mujahadah, Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK), Try Out, Ujian Sekolah (US),dan Ujian Nasional untuk calon peserta UN tahun pelajaran 2015/2016.
Kegiatan UKK untuk seluruh bidang keahlian (Teknik Audio Video, Teknik Pendingin Dan Tata Udara, dan Teknik Kendaraan Ringan) berlangsung mulai tanggal 8 Februari 2016 s/d 6 Maret 2016.
Untuk Ujian Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (TAV) diikuti oleh 36 peserta.
Terbagi menjadi 6 gelombang. Jadi, setiap gelombang terdiri dari 6 peserta.
Setiap gelombang, memiliki waktu 3 hari dalam pelaksanaan ujian kompetensi keahlian.
Gelombang 6 merupakan gelombang terakhir dalam pelaksanaan ujian kompetensi keahlian Teknik Audio Video (TAV) .  Hari pertama dimulai pada hari, Kamis, 25 Februari 2016. Namun, dikarenakan agenda pada tanggal 26 s/d 27 Februari 2016 merupakan pelaksanaan Try Out, Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tersebut dilanjutkan pada tanggal 29 Februari s/d 1 Maret 2016.
              Menurut para peserta Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK), dalam proses melakukan praktik, mereka awalnya sangatlah merasa grogi dan cemas. Dikarenakan penguji berasal dari luar sekolah. Untuk penguji Teknik Audio Video (TAV) , penguji ada 2 orang yang berasal dari Merdeka Elektronik. Beliau adalah Bapak Edi dan Bapak Sri. Namun, setelah setengah perjalanan praktik mereka lalui, rasa cemas dan grogi tersebut pun perlahan menghilang. Meskipun sebagian dari mereka mengalami kesulitan dalam menemukan penyebab kejanggalan Uji OCL 150 W tersebut. Dengan semangat 45 pantang menyerah, mereka pun berusaha untuk memecahkan masalah tersebut. Sampai akhirnya pun terpecahkanlah masalah tersebut.

              Menurut Edi dan Sri ada kriteria khusus dalam menentukan kelulusan UJian Kompetensi Kejuruan TAV ini. Ujian Kompetensi Kejuruan  Teknik Audio Video (TAV) di SMK Ma’arif 2 ini, merupakan ujian terberat se-Kabupaten Kebumen. Dan baru satu-satunya sekolahan yang berani mengujikan peserta untuk ujian tersebut. Karena merupakan hasil murni dari masing-masing peserta dan melalui beberapa proses panjang. Di mulai dari proses perancangan gambar lay out di computer, kemudian perakitan, uji dengar, pengukuran, dan hasil akhir merupakan tes wawancara,’’kata Pak Dwi.

            ‘’Untuk gelombang 6 ini, termasuk dalam proses pembutan desain lay out PCB menggunakan computer berlangsung sangatlah cepat. Mereka berhasil secara serentak dalam waktu 2 jam,’’ujar bang Ipul selaku juru bengkel TAV.
Dalam proses perakitan, peserta berhak memilih untuk menggunakan PCB hasil sendiri ataukah PCB buatan pabrik.Umi, Wuwung, dan Wahid selaku peserta UKK TAV merasa sangatlah yakin menggunakan PCB hasil sendiri. Sedangkan Vani, Atun, dan Devi , cenderung ragu untuk menggunakan PCB karya sendiri. Jadi, mereka pun memutuskan untuk menggunakan PCB pabik.
‘’padahal saya sudah yakin mereka bisa menggunakan pCB sendiri, ehh.. malah ada 3 peserta yang ragu’’, tanggap Bang Ipul.
Setelah hari pertama dilalui, berhasillah Vani dan Atun merakit  komponen OCL 150 W. disusul lagi oleh Umi dan Wuwung.
‘’Kelompok yang lumayan tercepat, bagus . sip..semangat,’’ujar Pak Dhe Tri.
Dan akhirnya pun gelombang terakhir ini dapat menyelesaikan ujian dengan baik.








NAMA   : UMI YULIANTI / XII TAV
http://yulianti30.blogspot.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi

KOTA ASAL PENGUNJUNG

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

Definition List

Pages

Theme Support